Membuat Password Yang Bagus dan Aman

Kehilangan emang ga enak banget rasanya, kayak perasaanku ketika kehilangan sesuatu kmaren. Makanya, sebelum itu terjadi ada baiknya kita cegah seminimal mungkin akan kehilangan itu.
Tapi ga kayak kehilangan sepatu kemaren, tips kali ini adalah tentang membuat password yang Bagus dan Aman biar ga menyesal di kemudian hari.

Berikut adalah tipsnya :

1. Jangan pernah menggunakan password yang sama untuk account-account anda.

2. Kalo membuat password jangan yang gampang di ingat, Misalnya :
Nama : "ned"
Tanggal lahir : "160990"
Tempat tinggal : "Malang"

3. Jika membuat password, gunakan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol. Contoh simbol adalah kayak gini *, ?, #, $, dll.

4. Contoh password yang aman adalah : N^!3oL(d!#Ku Password kayak gini sulit sekali ditebak. Membuat password dari gabungan huruf besar, huruf kecil, angka, dan simbol memang agak susah kita ingat, tapi kita masih bisa mencatatnya di kertas atau notepad yang kiranya orang lain tidak bisa tau password kita.

5. Panjang minimal Password adalah 8, lebih panjang lebih bagus.

6. Ganti password Anda secara berkala setiap 1 bulan sekali atau setiap 3 bulan sekali.

7. Sebagai tips, bila Anda mempunyai account di blogger.com, maka passwordnya adalah bloggerxxxxxx kemudian jika anda punya account di yahoo.com, passwordnya adalah yahooxxxxxx dan jika anda mempunyai account di friendster.com, maka passwordnya adalah friendsterxxxxxx
(dimana xxxxxx adalah password anda)

Jika kita membuat password dengan langkah-langkah diatas, maka password kita susah dijebol meskipun memakai software recovery password sekalipun.

Cara yang baik untuk membuat password kompleks adalah berpikir tentang sebuah kalimat, kemudian ambil huruf pertama atau kedua dari tiap kata pada kalimat tersebut. Password hasil dari cara ini, akan terlihat agak berantakan bagi orang lain, akan tetapi anda dapat dengan mudah mengingat itu dari kalimat dan aturan tersebut.

Demikian. Semoga bermanfaat.

12 komentar:

  1. Wew..
    banyak banget tips-nya..
    manfaat banget nih...
    Thx ya :)

    BalasHapus
  2. @kisah cinta : sama2 :)

    BalasHapus
  3. yap sama nui,saya juga uda mulai pake pasword kyk gitu,tapi ya itu kndalanya susah diinget..

    ka pasword biasanya orang nyari yg gampang diinget..

    BalasHapus
  4. Boleh juga tips nya... huehuehue... Trims bos... Bagaimana jika kita punya 10 account di yahoo doank? Bingung mau kasi passwordnya, hehehe...

    BalasHapus
  5. hduww maz..
    mlai skrang aq ta' blajar pake password yg beda2 wezz..

    BalasHapus
  6. @sandy : yup bagus deh klo udah gunain password itu :)

    @- s L i K e R s - : Hehehe... ada saran nih.. gmn klo setiap account yahoo mulai 1 - 10 gini unutk pass yahoo1xxxxxx,yahoo2xxxxxx.. gampnag di ingat kan:D
    tapi gampang di ingat orang juga. hehehe

    @ja'far : Monggo silahkan...hhe

    BalasHapus
  7. Wah mak nyuss banget nih :D

    BalasHapus
  8. hehehe......



    buyarrrr....

    BalasHapus
  9. Huahauhauhaua,,,.

    "buyarrrr...."

    mksd'x????

    BalasHapus
  10. Ned gak pke' password "Lali Pasworde"..
    Simple BnYak Orang yg gak Tau tpi Mudah di Inget..
    Hhahaha

    BalasHapus
  11. iyo koyok pasword admin yang ada di Wrnet sebelah..
    hahaha...

    BalasHapus