Mencegah Komentar SPAM!

Pas kesulitan mencari bahan buat posting kali ini, aq dpt prtanyaan dr tmn q (fariz,red) soal : "Apa sih NoFollow itu Ned??" akhirnya dengan sdikit ilmu yg aq tau, aq nyoba nerangin lewat sini.

Eitts,, jangan dulu!Sebelum pelajari mengenai NoFollow ada baiknya baca postingan ini dulu, n' mengenai NoFollow dan DoFollow akan aq posting dalam 2 hari ini plg cpt.*Hehehe

Kali ini aq akan ngomongin tentang mencegah komentar spam.
Pernah kan di blog km, ato pernah baca di blognya orang lain ada tulisan kyk gini "Kunjungi blogku yaah,.. ada bonus khusus buat kamu jika mengunjungi blog q" (*hahaa,emang ada??? ngarang dikit kan gpp*), ataupun tulisan spam,spam lainnya yg di ikuti alamat url-nya.

Ketika Google melihat di komentar ada tulisan ("rel=nofollow") pada hyperlink, maka link tersebut tidak akan memperoleh kredit ketika google update PR.
Maksudnya tulisan paragraf diatas apaan Ned??
Ya udah, ta jawab juga ws. Mungkin lebih lengkapnya baca di bawah ini...

T: Bagaimana mengubah Link??
J: Setiap link yang membuat komentar di blog km, maka link itu secara otomastis mendapatkan atribut baru "nofollow". Jadi ketika blog spammer itu sebelumnya nulis kyk gini :
"Kunjungi <a href="http://contoh.com/"> blogku </a> yaah,.. ada bonus khusus buat kamu jika mengunjungi blog q"
Komentar yang akan di tampilkan menjadi :
"Kunjungi <a href="http://contoh.com/" rel="nofollow"> blogku </a> yaah,.. ada bonus khusus buat kamu jika mengunjungi blog q"
T: Apa Jenis link ini harus mendapatkan link atribut??
J: Google menyarankan menggunakan rel="nofollow" atribut yang pengguna dapat menambahkan link dengan sendirinya termasuk dalam komentar, nama url ataupun daftar referal. Daerah komentar yang paling menerima perhatian, namun pengamanan lokasi di mana setiap orang dapat menambahkan link adalah cara "put a spammer at bay".


T: Apakah aq harus menempatkan rel="nofollow" pada link ke halaman komentarku??
J: Mungkin tidak, karena banyak diskusi yang menarik disana. Juga, ketika orang lain me-link ke halaman komentarmu, sebuah laba-laba (nya google,red) dapat mengikuti link dan menemukan banyak spam yang tersembunyi di halaman komentar.

Tempat terbaik untuk menaruh atribut ini sebenarnya jika orang lain dapat membuatnya (nama komentar, red). kayak di halaman ini misalnya, hanya link dengan komentar dan link yg ada tulisan nya "posted by:" akan mendapatkan rel="nofollow" atribut

T: Apakah setiap blogger perlu melakukan tindakan??
J: Mungkin tidak, sudah otomatis terupdate gitu loch :)... google... 

T: Apakah ini perubahan pada blogger.com??
J: Tidak, kyk nya google berpikir setiap blogger yang memungkinkan untuk menambah link ke salah satu penulis situs (kayak guestbook, stat counter, dan daftar refferer) dapat menggunakan atribut ini. Google bekerja sama dengan pembuat blog sekarang, karena blog itu sudah menjadi sasaran umum.

T: Apakah Google mengenali kata kunci "nofollow" ketika bagian dari sebuah ruang terpisah dari daftar (maksudnya tanpa rel, red)? Padahal di spesifikasi nya HTML, nilai dari 'rel' atribut adalah sebuah ruang terpisah dari daftar jenis link
J: Tentu saja,google akan mempraktekan "be liberal in what you accept" yang berarti mengenali spasi, koma, kebenaran (kode, red) dan tanda baca.
Yup, cuma segitu aja yg bisa aq kutip. btw Maaf klo inggris ke indonesia q agak hancur.. ga usah protes y klo aq mengartikan se enak udel q.... :p
nb : semua itu cuma buat penangkal spammer aja..n inget, ada hubungannya ma google PR.,

Untuk menjadikan blog menjadi DoFollow akan aq bahas di lain kesempatan aja, dah kriting nih tangan nulis sebanyak ini (*Hehehe).

3 komentar:

  1. pertamaxx
    huahuahua...

    yup udah agak ngerti,soalnya bahasanya tuh lo..
    butuh baca brkali kali
    huahauhaua

    ywd deh gpp lucu juga bahasanya
    huahuahaua

    BalasHapus
  2. waduw blog ane gak tak apa"in tuh bro...

    kgk taw maksudnya tuh spam...

    BalasHapus
  3. Sudah q duga pasti ga ada yg tau ma tulisan q

    haahahaha

    jadi gini..sebenarnya ni tulisan aq culik,. eh cuplik dari blog na google yang intinya ada hubungannya dengan update PR
    jika kyk...hmm... misalnya kyk di tanya jawab yg prtama tuh, kan spammer mengetikkan alamatnya di blog yg msh "nofollow" maka google ga akan menghitung kredit PR nya.
    gt...
    ini cuma informasi ja kok

    huehuehue

    maaf klo ga ngrti sblmnya :)

    BalasHapus